Error SSL_ERROR_RX_RECORD_TOO_LONG Pada Firefox

Salah satu website yang saya kelola beberapa hari terakhir memunculkan pesan error SSL_ERROR_RX_RECORD_TOO_LONG. Anehnya, pesan ini muncul intermittent, tidak terus menerus berlangsung. Jika direfresh beberapa saat kemudian, kondisi web normal lagi.

SSL_ERROR_RX_RECORD_TOO_LONG

Dan anehnya lagi, error SSL_ERROR_RX_RECORD_TOO_LONG ini hanya saya dapatkan ketika saya menggunakan browser firefox. Hal ini belum saya alami ketika menggunakan Chrome.

Saya mencoba menganalisa penyebab munculnya pesan error ini.

SSL Certificate

Dugaan pertama saya, error ini muncul karena adanya setting atau sesuatu yang saya sendiri gak yakin dari SSL Certificate pada web tersebut (Namecheap punya bahasan menarik disini). Tapi yang membuat saya ragu adalah karena website saya yang lain, pada server yang sama, menggunakan SSL Certificate yang sama, ternyata kondisinya tidak memunculkan pesan error.

Saya berniat mencoba mengganti SSL Certificate khusus untuk website ini. Detail hasilnya akan saya update pada web ini, insya Alloh.

Domain Registration

Mungkin ini agak terdengar aneh. Tapi saya menduga salah satu penyebabnya adalah tempat saya meregistrasikan domain web yang muncul error ini. Karena seperti yang saya katakan diatas tadi, web yang lain pada server yang sama, dengan SSL Certificate yang sama tidak memunculkan pesan error. Yang membedakan web ini dengan yang lain adalah tempat meregistrasikan domainnya.

Plugin WordPress

Hal lain yang menjadi dugaan saya adalah salah satu plugin yang secara acak memunculkan kondisi ini.

Support Firefox untuk TLS versi 1.3

Firefox sudah menggunakan fungsi security protokol TLS 1.3. Jadi ketika sebuah web menggunakan TLS versi 1.2, terkadang dianggap sebagai sesuatu yang tidak aman.

GMail TLS 1.3

Solusi Singkat

Cara singkat yang saya lakukan untuk mengatasi error ini adalah menurunkan setting TLS protokol pada Firefox. Hal ini pernah dibahas di salah satu forum supportnya (Link). Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka tab baru, ketikkan about:config pada address bar. Enter.
  2. Pada search box di atas list, ketikkan TLS.
  3. Double-click pada security.tls.version.max. Edit nilai yang tertera disana dari 4 menjadi 3 (dengan kata lain, dari TLS 1.3 ke TLS 1.2). Klik OK.

Selesai. Mudah-mudahan berhasil. Sementara ini yang saya lakukan sambil mengganti SSL Certificate yang baru.

Tinggalkan komentar